QURANIY.ID
Pesantren Tahfidz Quran Indonesia

Siapakah Penyusun Mushaf Pemberian Bagi Jamaah Haji & Umroh?

10

Ilustrasi Mushaf Madinah Al Munawwarah. Sumber: mushaf-almadinah.blogspot.co.id

Bagi umat Islam yang diberi kemuliaan dengan melaksanakan haji dan umroh, tentunya sangat mengenal kitab yang senantiasa dibagikan kepada para jamaah haji dan umroh mengiringi kepulangan mereka ke tanah air ini. Namun, tahukan Anda siapa yang pertama kali menyusunnya? Berikut artikelnya:

Setiap tahun jutaan cetakan mushaf Al Qur’an dibagikan secara gratis Kerajaan Arab Saudi kepada setiap jamaah haji dan umroh yang akan kembali ke negara asal masing-masing. Lalu tahukah kita siapa penulis mushaf yang terkenal dengan nama “Mushaf Madinah Al Munawwarah”?

Dicetak oleh King Fahd Glorious Quran Printing Complex milik Kerajaan Arab Saudi, Mushaf Madinah Al Munawwarah ditulis oleh kaligrafer terkenal Osman Taha yang lahir di kota Aleppo, Suriah, pada tahun 1934 Masehi.

(Baca Juga: Hafal Al Quran 30 Juz Dalam 40 Hari? Insya Alloh Bisa! Mau Tahu Caranya?)

Untuk memudahkan umat Islam membaca, dalam penulisannya Osman Taha tidak memakai huruf-huruf yang mutasyabih seperti huruf Ha Masyquqah, Mim Mathmusah, Ra Ma’kufah, dll.

Bahkan untuk kenyamanan membaca di akhir halaman, Osman Taha menulis di setiap akhir halamanan Muhaf Madinah Al Munawwarah adalah akhir dari ayat Al Quran Nur Karim.

Osman Taha pertama kali menulis kaligrafi Al-Quran pada tahun 1970 untuk Suriah Wakaf dan Agama Suriah. Pada tahun 1988, tulisan kaligrafinya di cetak di Kompleks Raja Fahd untuk Percetakan Al-Quran di kota Madinah untuk dijadikan Mushaf Madinah Al Munawwarah hingga saat ini.

(Baca Juga: Hafal Al Quran 30 Juz Dalam 40 Hari? Insya Alloh Bisa! Mau Tahu Caranya?)

Sumber: Skynewsarabia

You might also like