QURANIY.ID
Pesantren Tahfidz Quran Indonesia

Menghidupkan Hati Dan Jiwa Dengan Al Quran

6

Membaca dan menghayati isi kandungan Al Quran dapat menghidupkan hati dan jiwa manusia. Seperti apa penjelasannya? Simak artikelnya berikut ini:

SAUDARAKU,

Sebagai mukjizat abadi, dominasi ruh Al Quran dalam diri sahabat inilah yang menjadikan mereka sebagai pribadi-pribadi unggul. Bahkan Nabi saw. tak sungkan menyematkan kepada sahabat-sahabatnya gelar “generasi terbaik” sepanjang kehidupan manusia.

Ahli Tafsir Abdurrahman as-Sa’di menjelaskan, Al Quran sanggup menghidupkan hati dan jiwa manusia. Dengannya segala urusan dunia termasuk akhirat menjadi lancar dan kokoh. Sebab Al Quran mengandung berkah kebaikan yang banyak dan ilmu yang bermanfaat.

Menurut as-Sa’di, hal itu adalah mutlak hak kuasa Allah yang diberikan kepada siapa yang Dia hendaki untuk mendapatkan hidayah. Untuk itu, siapa yang mendapati dirinya nyaman dengan bacaan Al Quran maka ia wajib bersyukur karena telah mendapatkan karunia besar dari Allah.

(Baca JugaHafal 30 Juz Al Quran dalam waktu 40 hari? Insya Alloh bisa!)

Saudaraku,

Salah satu indikasi hati yang mendapat sibghah (celupan) Al Quran adalah ketika seorang hamba mendapati jiwanya tenang dengan bacaan Al Quran.

Ia menikmati lantunan tersebut bahkan bergetar dengan ayat-ayat Al Quran. Termasuk indikasi tersebut, ketika orang itu dimudahkan oleh Allah mengamalkan Al Quran dalam kesehariannya. Mulai dari menjaga ibadah-ibadah yang bersifat fardhu ain hingga amalan sunnah lainnya sebagai penopang yang wajib.

Saudaraku,

Sebaliknya, akhlak yang buruk menjadi cermin utama dari hati yang kering. Sehari-harinya orang yang jauh dari Al Quran hanya disibukkan dengan keburukan dan perbuatan maksiat kepada Allah swt.

Dari Ibn Umar ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassallam bersabda, “Hati ini berkarat seperti berkaratnya besi jika terkena air. Lalu beliau ditanya: Apa pembersihnya? Sabda beliau: banyak mengingat mati dan membaca Al Quran.” (HR. Al Baihaqi)

Senada, Malik bin Dinar pernah mengingatkan, “Wahai ahlu al-Quran? Apa yang telah Al Quran tanam pada hati-hati kalian? Sesungguhnya Al Quran itu mampu menghidupkan hati layaknya hujan yang menyuburkan tanah yang tandus sekalipun,” []

ReferensiAl-Jami’ li Ahkam al-Quran, al-Qurthubi.

Disadur dan ditulis ulang dari artikel berjudul, “Hidupkan Hati dengan Al Quran“, oleh Hidayatusaadah.

You might also like