QURANIY.ID
Pesantren Tahfidz Quran Indonesia

Mengfafal Ayat Suci Al Quran dan Kecerdasan Spiritual (SQ)

69

Ilustrasi Anak Perempuan Berdoa. Sumber: www.mobomarket.net

Kecerdasan spiritual (bahasa Inggris: spiritual quotient, disingkat SQ) adalah kecerdasan jiwa yang membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan kemungkinan untuk menerapkan nilai-nilai positif. Diterima secara umum sebagai salah satu bentuk kecerdasan yang penting dikembangkan manusia dalam mencapai kebahagiaan dan kesuksesan, bagi seorang muslim, menghafal ayat-ayat suci Al Quran sangat mempengaruhi tingkat kecerdasan spiritual kita. Mau tahu seperti apa? Yuk simak artikelnya berikut ini:

Al Quran merupakan pedoman bagi kita, umat muslim. Rasulullah saw. menganjurkan kepada kita untuk membaca, memahami dan mengamalkannya. Tetapi, banyak orang yang hanya membacanya saja. Dan hanya sedikit orang yang mau mempelajarinya. Sehingga, permasalahan hidup ini masih dirasa begitu sulit bagi kebanyakan orang, sebab mereka tak memahami isi kandungan Al Quran.

(Baca Juga: Cepat dan Mudah Menghafal Al Quran 30 Juz Dalam Waktu 40 Hari? Insya Alloh bisa! Mau?)

Al Quran ini merupakan mukjizat bagi kita. Selain bisa menjadi penentu arah keselamatan, juga bisa dihafal. Tak pernah kita mendengar dari non muslim yang bisa menghafal kitabnya. Sedangkan umat Islam, kini sudah banyak yang menghafal Quran. Dan ternyata, mengahafal Quran itu bisa mempengaruhi kecerdasan spiritual kita lho!

Keutamaan bagi penghafal Quran selain dalam aspek religi, juga berhubungan aspek kesehatan. Berdasarkan penelitian, ternyata menghafal Quran berpengaruh terhadap kecerdasan spiritual dan prestasi seseorang. Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan. Atau dalam pandangan Islam diartikan sebagai kemampuan untuk memberi makna ibadah terhadap setiap perilaku dan kegiatan. Prestasi adalah patokan ukuran akademis keberhasilan seseorang dalam kegiatan sekolah.

Orang yang menghafal Quran secara logika pasti akan mudah pula untuk menghafal dan memahami materi pelajaran yang ada. Selain itu, orang yang menghafal Al Quran biasanya juga akan menjaga diri dari perkara maksiat yang bisa menghilangkan hafalannya. Hal ini berpengaruh juga terhadap materi pelajaran yang ada di sekolahnya sehingga materi pelajaran tersebut mudah untuk diingat. Dan, lagi bagi Allah SWT merupakan hal mudah dan sangat sepele untuk mencerdaskan hamba-hamba-Nya yang mau memuliakan firman-Nya.

Sungguh luar biasa bukan? Betapa besar nikmat yang akan kita perolah dari mengahafal Al Quran. Selain bisa lebih meringankan kita ketika akan memahami Al Quran, juga memberi pengaruh baik terhadap kecerdasan spiritual. Hingga, meraih prestasi, insya Allah akan kita peroleh dengan mudah. []

Referensi: Tau Gak Sih Islam Itu Sehat?/Karya: Dr. Faza Khilwan Amna, MMR dan Dr. Hendri Okarisman/Penerbit: Aqwamedika

You might also like