QURANIY.ID
Pesantren Tahfidz Quran Indonesia

Keagungan Al Quranul Karim (Bagian 2/2 – Habis)

6

Al Quran adalah suatu mukjizat agung yang dikaruniakan Allah swt. kepada umat manusia melalui Nabi Muhammad saw. Misalnya, coba kita lihat, berapa banyak orang diluar sana tidak bisa berbahasa Arab tetapi mereka fasih membaca Al Quran bahkan banyak dari mereka yang telah menghafalnya.

(Baca juga: Apa itu Dauroh Al Quran 40 Hari Hafal 30 Juz dan Faham Terjemahnya?)

Akan tetapi, umat Islam sekarang ini tidak mampu benar-benar merasakan perwujudan mukjizat yang agung ini. Banyak dari kaum muslim yang menganggapnya hanya sebagai sebuah buku bacaan biasa. Anak-anak dididik untuk membaca Al Quran dari kecil, tetapi hanya untuk tujuan mengkhatamkannya saja. Setelah khatam, Al Quran disimpan dan menjadi bahan pajangan di rak buku. Paling menyedihkan lagi apabila kita gagal mengambil manfaat dari Al Quran dengan membaca terjemahan ataupun mendalami tafsir Al Quran tersebut.

Kita juga bisa melihat bagaimana Al Quran telah mendahului waktu dengan berbagai cerita pengajaran di dalamnya. Bagaimana Allah menceritakan kisah-kisah umat terdahulu yang mereka sendiri pun belum tahu dapat mencari jawaban atas kejadian yang terjadi, seperti kematian Raja Nambrud akibat seekor nyamuk dan bagaimana Nabi Allah, Ibrahim as. selamat dari dibakar api yang sangat besar.

Al Quran juga menceritakan kehidupan negeri akhirat yang di dalamnya terdapat berbagai tuntutan dan larangan yang harus dipatuhi oleh manusia semasa hidup di dunia.

Lantas, apa yang harus lakukan agar merasakan mukjizat agung ini yaitu Al Quran? Dengan mencintainya. Lalu, apa tanda-tanda bahwa kita telah mencintai Al Quran?

5 tanda kita cinta Al Quran:

  1. Kita sangat senang dan bersemangat sewaktu membaca Al Quran.
  2. Kita tidak bosan ketika membaca Al Quran, bahkan semakin semangat untuk membacanya.
  3. Adanya kerinduan membaca Al Quran setiap hari.
  4. Kita mengamalkan apa yang ada dalam Al Quran yang Allah SWT perintahkan.
  5. Kita percaya dan yakin dengan isi yang terkandungan dalam Al Quran.

Artikel sebelumnya…

Referensi: Kaya Dunia Akhirat dengan Amalan 1 SAAT/Rafizam Mohamed/Buku Pintar Indonesia/2015.

Dikutip dan ditulis ulang dari artikel berjudul, “Keagungan Al Quran (2-Habis)”, 6 Desember 2015, oleh dry/Islampos.

You might also like