QURANIY.ID
Pesantren Tahfidz Quran Indonesia

Doa Agar Dimudahkan Menghafal Al Quran Dan Tidak Mudah Lupa

17

“Doa Agar Dimudahkan Menghafal Al Quran Dan Tidak Mudah Lupa”, Yang Dikutip Dari Buku Panduan Menghafal Al Quran Yang Menjadi Buku Panduan Utama Proses Belajar Mengajar Program-program Pesantren Tahfizh Al Quran MataQu.

 

Ibnu Katsir dalam Fadha’ilul Quran di bagian akhir mencantumkan Bab: “Doa Nabi Untuk Menghafal Al Quran dan Mencegah Lupa”. Peneliti naskah kitab tersebut, Abu Ishaq Al Huwaini, mengomentari bahwa secara garis besar, hadist tersebut dhoih, baik sanad maupun matannya.(*) Selagi berhati-hati dalam mengambil hadits tersebut, doa yang terbetik setidaknya bisa menjadi inspirasi akan hal-hal apa saja yang patur disertakan dalam munajat seorang calon hafizh Al Quran. Semoga Alloh swt. memasukkan kita ke dalam golongan hamba pilihan-Nya yang mewarisi Al Quran dengan rasa ta’zhim. Berikut adalah salah satu redaksi haditsnya:

(Baca Juga: Mau Lebih Cepat Dan Semangat Menghafal Al Quran? Jangan Cuma Sendirian! Yuk Menghafal Bersama Para Muhafizh di Puncak-Bogor. Cari Infonya Sekarang!)

Ibnu Abbas ra. berkata: Suatu ketika kami berada di tengah-tengah Rasululloh saw. Kemudian Ali bin Abi Tholib kw. datang dan berkata, “Ayah dan ibuku kurelakan, Al Quran mudah hilang dari dadaku dan aku tidak mendapati diriku mampu untuk membacanya.” Kemudian Rasululloh saw. bersabda, “Wahai Abul Hasan, maukah aku ajarkan kepada engkau beberapa kalimat yang dengannya semoga Alloh memberimu manfaat, dan memberikan manfaat kepada orang yang engkau ajari serta memantapkan apa yang telah engkau pelajari dalam hatimu?” Ali berkata, “Baiklah, wahai Rasulullah, Ajarkanlah kepadaku!” Rasululloh saw. bersabda, “Apabila tiba malam Jumat, jika engkau mampu bangun di sepertiga malam terakhir, ketahuilah bahwa waktu tersebut merupakan saat yang disaksikan (para malaikat), dan doa pada waktu tersebut terkabulkan, dan saudaraku Ya’qub telah berkata kepada anak-anaknya: ‘Aku akan memintakan untuk kalian ampunan dari Tuhanku’. Ucapan itu terus Yaqub ucapkan hingga datang malam Jumat. Jika engkau tidak mampu, maka bangunlah di pertengahan malam. Jika engkau tidak mampu maka bangunlah di awal malam, kemudia sholatlah empat rakaat dan bacalah pada rakaat pertama surat Al Fatihah dan surat Yasin, dan pada rakaat kedua engkau baca surat Al Fatihah dan surat Ad Dhukhon, dan pada rakat ketiga engkau baca surat Al Fatihah dan Alif Lam Mim Tanzil As Sajdah, dan pada rakaat keempat engkau baca surat Al Fatihah dan surat Tabarak Al Mufashshol (Al Mulk). Kemudian apabila engkau telah selesai tasyahud, maka pujilah Alloh dengan sebaik-baiknya, ucapkanlah sholawat kepadaku serta kepada para nabi dengan sebaik-baiknya. Mintakan ampunan untuk orang mukmin laki-laki dan perempuan, serta saudaramu seiman yang telah mendahului, kemudian ucapkanlah di akhir semua itu:

‘Ya Alloh, rohmatilah aku untuk meninggalkan kemaksiatan selama Engkau masih menghidupkanku, dan rohmatilah aku untuk tidak memperberat diri dengan sesuatu yang tidak bermanfaat bagiku, berilah aku rizqi berupa kenikmatan mencermati perkara yang mendatangkan keridhoan-Mu kepadaku. Ya Alloh, Wahai Pencipta langit dan bumi, Wahat Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan serta keperkasaan yang tidak pernah habis. Aku memohon kepadamu Ya Alloh, wahai Dzat yang Maha Pengasih, dengan kebesaran-Mu dan cahaya wajah-Mu agar mengawasi hatiku untuk menjaga kitab-Mu, sebagaimana Engkau telah mengajarkannya kepadaku, dan berilah aku rizqi untuk senantiasa membacanya hingga membuat-Mu ridho kepadaku. Ya Alloh, Pencipta langit dan bumi, Dzat yang memiliki kebesaran, kemuliaan, dan keperkasaan yang tidak akan pernah habis. Aku memohon kepada-Mu ya Alloh, wahai Dzat yang Maha Pengasih, dengan kebesaran-Mu dan cahaya wajah-Mu agar Engkau menerangi pandangan mataku dengan kitab-Mu dan melancarkan lidahku, lenyapkanlah kesusahan dari hatiku, lapangkanlah dadaku dan basuhlah badanku dengan Al Quran, sesungguhnya tidak ada yang dapat membantuku untuk mendapatkan kebenaran melainkan Engkau, dan juga tidak ada yang bisa memberikan kebenaran itu melainkan Engkau. Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Alloh Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.’

doa hafal quran dan mencegah lupa

 

Wahai Abu Hasan, engkau lakukan hal tersebut sebanyak tiga Jumat atau lima atau tujuh, niscaya engkau akan dikabulkan dengan izin Alloh. Demi Dzat yang mengutusku dengan kebenaran, Alloh tidak akan lupa memberi seorang mukmin.” Abdulloh bin Abbas ra. berkata, “Demi Alloh, Ali tidak menunggu waktu lama kecuali hanya lima atau tujuh Jumat hingga ia datang kepada Rasululloh dalam majelis, kemudian ia berkata, ‘Wahai Rasululloh, dahulu aku hanya mengambil empat ayat atau sekitar itu dan apabila aku membacanya dalam hatiku maka ayat tersebut hilang, dan sekarang aku mempelajari empat puluh ayat atau sekitar itu, dan apabila aku membacanya dalam hati maka seolah-olah Kitabullah ada di depan mataku. Dan dahulu aku mendengar hadits, apabila aku mengulangnya maka hadit tersebut hilang, dan sekarang aku mendengar beberapa hadits, kemudian apabila aku menceritakan hadits maka aku tidak kehilangan satu huruf pun darinya.’ Kemudian Rasulullah bersabda, ‘Engkau adalah seorang mukmin, demi Robb Ka’bah, wahai Abu Hasan.'”

(Baca Juga: Mau Lebih Cepat Dan Semangat Menghafal Al Quran? Jangan Cuma Sendirian! Yuk Menghafal Bersama Para Muhafizh di Puncak-Bogor. Cari Infonya Sekarang!)

(*) Hadits riwayat Tirmidzi, ia berkata, sanadnya hasan ghoribAth Tabrani juga meriwayatkannya dalam Al Mu’jam Al KabirAl Mundziri dalam At Targhib berkata, berbagai jalur dan sanad hadits ini sangat bagus, sedangkan matannya sangat gharibAl Hakimdalam Mustadrak menjelaskan, shohih sesuai syarat hadits Bukhori dan MuslimAdz Dzahabi mengatakan, hadits munkarsyadz, dikhawatirkan palsu, padahal sanadnya bagus.Al Albani menilainya maudhu’. Wallohu a’lam bishshowab.

You might also like