QURANIY.ID
Pesantren Tahfidz Quran Indonesia

Mana yang Lebih Utama?

16

1. Baca Al-Quran sebanyak mungkin, atau …
2. Baca Al-Quran perlahan dengan tadabbur

Ibnul Qayyim rahimahullahu menjawab:

Berkata Ibnul Qayyim rahimahullahu dengan perkataan yang jelas dan begitu berharga: Sesungguhnya pahala membaca Al-Quran dengan tartil(perlahan) dan tadabbur lebih baik dan lebih tinggi kedudukannya. Adapun pahala membaca banyak ayat Al-Quran lebih banyak dari sisi kuantitas banyak bilangannya. Yang pertama perumpamaannya seperti orang yang bersedekah dengan batu mulia permata yang mahal atau memerdekakan budak yang mahal harganya. Dan yang kedua seperti orang yang bersedekah dengan bayak kepingan uang dirham atau memerdekakan banyak budak yang harganya murah.

Dan inilah teladan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau shalat malam membaca satu ayat berulang karena mentadabburinya. Abu Dzar radiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shalat pada satu malam, Beliau hanya mengulang bacaan satu ayat dari Al-Quran sampai pagi menjelang,

Quran, Surah Al-Maida, Ayat 118

Artinya: ” Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba Engkau. Dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”. (surat  al maidah:118)

Musnad Imam ahmad 5/149, berkata Syaikh Syuaib Al Arnauth: sanadnya hasan

You might also like