Perindah Al Quran dengan Suara Kalian

SALAH satu bentuk interaksi kita dengan Al Quran adalah dengan membacanya. Membaca Al Quran termasuk ibadah yang mendatangkan banyak keutamaan. Tentu keutamaan yang dapat diraih adalah bagi mereka yang membacanya dengan benar.

Membaca Al quran dengan benar, yakni dengan tartil, merupakan perintah Allah dan Rasul-Nya shalallahu alaihi wasallam. Allah memerintahkan membaca Al Quran dengan benar sebagaimana firmanNya dalam Qs. Al Muzammil ayat 4, Dan bacalah Al Quran dengan tartil.

Makna tartil adalah mentajwidkan huruf-hurufnya dengan mengetahui tempat-tempat berhentinya. Dan tartil tidak terwujud kecuali dengan membacanya secara pelan-pelan, tidak terburu-buru. Sehingga kita bisa menyebut semua huruf dan memenuhi cara penyebutan/pembacaan yang benar.

Sedangkan sabda Nabi shalallahu alaihi wasallam yang memerintahkan kita membaca Al Quran dengan benar salah satunya adalah sabda beliau, Barangsiapa yang tidak melantunkan Al quran dengan nada yang baik, maka bukan golonganku. (HR. Abu Daud). Yakni membacanya dengan tartil.

Nabi shalallahu alaihi wasallam juga memuji bacaan sahabat Abu Musa al Asyari radliyallahu anhu yang membaca Al Quran dengan suara merdu, Sungguh kamu telah diberikan suara yang indah sebagaimana suara Nabi Daud ketika membaca taurat.

Mari kita lebih bersemangat lagi dalam memperbaiki bacaan Al Quran. Sungguh keutamaan membaca Al Quran hanya bisa dirasakan dan didapatkan oleh mereka yang membaca dengan benar. Pun bagaimana kita dapat memahami isi Al Quran dengan benar bila membacanya pun kita tidak benar?

Semoga Allah memberi hidayah kepada kita. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *